latest Post

Pengetahuan Gizi


Pengetahuan Gizi; -
Seorang pengacara kawakan, yang kesohor dan kenamaan, karena pengetahuannya di bidang hukum telah digelar sebagai “Seorang arif.” Namun pengacara ini tidak menaruh perhatian terhadap pemeliharaan kesehatannya sendiri dan tidak pula memperhatikan jalan peredaran darah dan pekerjaan jantungnya serta bersikap masabodoh terhadap kebutuhan gizi tubuhnya. Maka akhirnya kena serangan jantung dan meninggal pada usia 40 tahun.

Kurang lebih 50% dari orang-orang yang mendapat serangan jantung pada pertama kalinya akan diakhiri dengan kematian. Yang 50% lagi, yang luput dari kematian itu, sesudah mengalami ngerinya dan sakitnya serangan jantung karena bersikap masabodoh itu, sering dapat dipulihkan kembali dengan mengikuti dengan tekun prinsip kesehatan dan cara makan yang teratur.

Penelitian menunjukkan bahwa zat-asam pyruvic (pyruvic acid) akan bertambah di dalam peredaran darah, bilamana tubuh itu kekurangan vitamin B-1, dan akan memperlambat pergerakan alat-alat jantung sampai setengah dari keadaan normalnya. Pengetahuan gizi dewasa ini menekankan pentingnya memakan dengan limpahnya sayuran dan buah-buahan kurang lebih 1 kg sampai 1% kg setiap hari untuk memperoleh vitamin B-1 yang cukup. Selain dari sayuran dan buah, beras merah yang masih tersalut kulit arinya, serta gandum dan telur, adalah merupakan sumber yang bagus dari vitamin B-1 itu. Tetapi, sebaiknya jauhkanlah penggunaan telur, apalagi kalau anda mengidap sesuatu penyakit.

Secara umum dapat dikatakan, kalau pengetahuan gizi telah disebarluaskan, maka hanya yang bersikap masabodoh sajalah yang akan sakit. Seharusnya umat manusia itu lebih berhati-hati memasukkan makanan ke dalam tubuhnya daripada memasukkan zat pembakar ke dalam tangki mobilnya atau lebih teliti memilih makanan yang dimakannya daripada memilih perabot untuk rumahnya atau memilih minyak pelumas untuk mesin mobilnya.

Menurut ahli gizi, bahwa dengan perbaikan makanan, 90% penyakit gigi dapat dihindarkan, bahkan secara teoritis, 100% dapat dicegah. Demikian juga halnya dengan penyakit-penyakit lainnya-seperti encok, jantung, ginjal dan lain sebagainya semuanya dapat dihindarkan.

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, berbagilah informasi ini dengan teman dan saudara Anda melalui Share Link Media Sosial di bawah ini.

About Blog SEHAT

Blog SEHAT

Blog SEHAT merupakan blog yang menyajikan Informasi seputar kesehatan. Kami mengumpulkan informasi tersebut dari berbagai sumber yang terpercaya dan kredibel, untuk kemudian dikemas menjadi informasi yang lebih lengkap dan terperinci.

Recommended Posts × +

1 comments: