latest Post

TIPS Mengatasi Kelelahan Mata


Sebagian besar aktivitas para pekerja di kota-kota besar, umumnya berada di depan komputer selama berjam-jam. Padahal, hal tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan mata.

Oleh karena itu, bagi yang sering bekerja di depan komputer, ada baiknya untuk melindungi dan merawat mata dari kelelahan mata, dr H AK Ansyori SpM Mkes menyampaikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari kelelahan mata akibat komputer.

Beberapa TIPS Mengatasi Kelelahan Mata itu, yakni :
  1. Periksalah mata secara teratur.
    Bila Menggunakan kacamata, mungkin tidak cocok untuk kerja dengan PC. Terutama bila menggunakan kacamata berfokal atau kacamata baca. Sedangkan bila tidak memakai kacamata mungkin mempunyai sedikit masalah penglihatan yang akan diperberat apabila menggunakan komputer.

  2. Istirahatkan mata sejenak dari layar monitor.
    Layangkan pandangan ke tempat lain. Bila terlalu lama memandang monitor dalam jarak dekat, alihkan pandangan ke arah yang jauh. Lakukan ini selama beberapa menit, setiap 30 detik.

    “Jika sudah didepan komputer selama satu jam, istirahatlah 15 menit. Ini juga dapat mencegah rasa pegal pada tubuh’” bebernya. Berikutnya yaitu lakukan variasi ketika sedang bekerja dengan komputer. untuk menghindari melihat layar komputer terus-menerus. lakukan juga hal lain seperti menelpon, konsultasi dengan rekan kerja, berdiri dan lain sebagainya. Sering-sering berkedip saat sedang bekerja di depan komputer juga baik untuk mengatasi kelelahan mata.

    "Orang cenderung jarang berkedip, sehingg mata menjadi kering. adahal saat berkedip mata kan memproduksi airmata sehingga mata akan menjadi lembab. Buatlah kesadaran untuk sering berkedip saat sedang bekerja di depan komputer," jelasnya.


  3. Sesuaikan daerah area kerja.
    Aturlah agar meja komputer agak lebih rendah dari standar meja kantor. Layar komputer letaknya agak lebih jauh dari jarak baca. Bagian atas layar komputer letaknya lebih rendah dari ketinggian horizontal mata. Layar komputer juga diatur sedikit miring ke belakang atau 10-20 derajat. Usahakan posisi tubuh harus nyaman dan rileks.

Tak hanya itu Ansyori juga memberikan tips lainnya seperti memperhatikan bahaya dalam ruangan atau atur penerangan ruangan. Kurangi penerangan ruangan bila terlalu terang. Pasang lampu meja. Hindarilah pantulan sinar pada layar komputer. Jangan ada cahaya yang menyilaukan dari jendela di belakang monitor.

Pakai pelindung layar komputer (filter). Periksa monitor. bila gambar yang tampak semakin buram, berkedip-kedip atau tidak nyaman bagi mata. Mungkin sudah waktu nya untuk diperbaiki atau mengganti monitor,"bebernya.

Kemudian tips selanjutnya, gunakan Copyholder. Copyholder ini dapat diatur agar mengurangi perubahan fokus saat menggerakkan kepala dan mata.. Jika harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letak kertas tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor. Sehingga tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja, setelah membaca di layar monitor.

"Jangan lupa untuk membersihkan layar monitor secara rutin. Kotoran pada layar komputer akan mengurangi daya penglihatan", kata Ansyori.

Ansyori juga menyarankan bagi pengguna PC untuk sebanyak mungkin mengkonsumsi vitamin A. Konsumsi vitamin A yang banyak akan membuat mata tetap dalam kondisi baik. Jika merasa mata mengalami gangguan.


Referensi " Sumatera Ekspres"
Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, berbagilah informasi ini dengan teman dan saudara Anda melalui Share Link Media Sosial di bawah ini.

About Blog SEHAT

Blog SEHAT

Blog SEHAT merupakan blog yang menyajikan Informasi seputar kesehatan. Kami mengumpulkan informasi tersebut dari berbagai sumber yang terpercaya dan kredibel, untuk kemudian dikemas menjadi informasi yang lebih lengkap dan terperinci.

Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment