latest Post

Kelelahan Mata Karena Komputer ?


Kelelahan Mata Karena Komputer ? ;
Ternyata tak selamanya kemajuan teknologi informasi, perangkat lunak dan elektronik berdampak positif bagi manusia. Terutama pengguna peralatan berbasis layer Visual display terminalis (VDT) seperti komputer. Pasalnya, orang yang kerap menggunakan komputer, baik saat kerja ataupun saat waktu senggang cenderung mengalami keluhan kelelahan mata yang tinggi.

"Fenomena kelelahan mata yang tinggi seperti ini dikenal dengan ASTHENOPIA," Ujar dr H AK Ansyori SpM MKes mengawali perbincangannya kemarin. Menurutnya, tidak ada yang dapat menyakini bahwa kerja VDT seperti komputer dapat merusak mata. Meskipun demikian fenomena ini memberikan kontribusi terhadap ketidaknyamanan fungsional yang berpengaruh besar terhadap kualitas dan perfoma pada saat bekerja dan waktu senggang.

"Sampai saat ini tidak ada bukti-bukti yang jelas bahwa komputer dapat membahayakan mata. Personal komputer (PC) tidak memancarkan sinar X atau ultraviolet," ungkapnya seraya mengatakan meski demikian rasa tidak nyaman dan lelah akibat penggunaan PC yang lama juga menimbulkan rasa panas akomodasi bola mata.

Ansyori menjelaskan, secara luas, memang dikenal beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pemakaian komputer. Seperti iritasi atau mata merah, berair dan terasa kering. Kelelahan, mata terasa letih, kelopak mata atau dahi terasa berat. Sulit sekali untuk fokus, sakit kepala, nyeri punggung dan spasme otot.

Selain itu, keluhan lainnya yakni penglihatan seolah ganda, penglihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, dan berbagai masalah penglihatan lainnya. "Pada beberapa orang setelah menggunakan komputer jangka panjang, maka melihat objek hitam atau putih tampak berwarna," ungkap spesialis mata RSMH ini.

Pria murah senyum ini menambahkan, gangguan kesehatan mata yang diakibatkan oleh pemakaian komputer lainnya yakni Repentative Stress atau strain Injury (RSI). RSI sendiri adalah sakit pada pergelangan tangan, lengan, tangan dan leher karena otot-otot yang harus bekerja cepat dan berulang.

"Hal ini dapat menjadi semakin parah jika pemakai komputer tidak memperhatikan faktor ergonomic pemakaian komputer dalam jangka waktu lama," ucapnya. Faktor ergonomic sendiri, tambahnya sangat perlu diperhatikan. Terutama untuk memperoleh kenyaman dan posisi ideal yang sehat bagi tubuh selama pemakaian kkomputer.

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, berbagilah informasi ini dengan teman dan saudara Anda melalui Share Link Media Sosial di bawah ini.

About Blog SEHAT

Blog SEHAT

Blog SEHAT merupakan blog yang menyajikan Informasi seputar kesehatan. Kami mengumpulkan informasi tersebut dari berbagai sumber yang terpercaya dan kredibel, untuk kemudian dikemas menjadi informasi yang lebih lengkap dan terperinci.

Recommended Posts × +

0 comments: