latest Post

Manfaat Brokoli (Blumkol Hijau) bagi kesehatan


Broccoli(brokoli) ini kaya akar potassium (kalium), fosfor dan belerang. Terdiri dari 90 persen air dengan kadar karbohidrat dan lemak yang rendah. Di dalamnya juga terdapat vitamin A. Broccoli merupakan pembersih tubuh yang baik dan dapat mengurangi berat badan. Broccoli enak dimakan mentah, berupa salad atau lalap.

Manfaat Brokoli (Blumkol Hijau) bagi kesehatan ;
Brokoli merupakan salah satu sayuran yang sering dibuatkan untuk anak-anak. Brokoli memang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan pada anak-anak. Namun ternyata banyak yang tidak suka, kalau harus makan dengan sayuran ini. Brokoli memang tidak memiliki rasa seenak sayuran lain, tapi kandungan gizi memang sangat melimpih dan sangat baik bagi tubuh.

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kesulitan untuk memberikan brokoli, dapat memvariasikan menu brokoli dengan menambah jenis bahan lain. Sehingga manfaat brokoli dapat manfaat yang lain seperti manfaat jagung, manfaat daging atau manfaat wortel dapat diperoleh bersamaan.

Tentang Brokoli
Tanaman brokoli termasuk dalam jenis kubis-kubisan seperti pada manfaat kol. Pada perkembangannya, brokoli memang baru-baru saja masuk di Indonesia dan kini semakin populer, apalagi manfaat brokoli sangat dikenal bagi yang sedang menjalani program diet. Tampilan brokoli memang seperti layaknya pohon kecil dengan daunnya yang rimbun dan mirip seperti kembang kol. Seperti bayam atau kangkung, khasiat brokoli juga akan hilang jika dimasak terlalu lama.

Kandungan Gizi Brokoli
Kandungan gizi pada brokoli sangat tinggi kandungan vitaminnya, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin K lalu terkandung pula antioksidan membuat lengkap sudah sayuran hijau nan unik ini. Sejumlah mineral penting juga mampu dihasilkan oleh brokoli. Berikut adalah daftar lengkapnya.
  • Vitamin A, C, B, C, danK
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Kalori
Kandungan gizi ini memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari anak-anak, ibu hamil, dan manusia pada umumnya.

  1. Mengontrol kolesterol,
    Serat pada manfaat brokoli mengendalikan penumpukan kolesterol dalam tubuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan menghindarkan pula dari gejala penyakit jantung. Jadi masak brokoli dengan cara direbus untuk menghindari pemakaian minyak goreng.

  2. Penting untuk kesehatan mata
    Brokoli juga sangat kaya akan kandungan vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan memberikan pengelihatan yang lebih baik. Mata merupakan aset penting untuk kita, jadi jagalah asupan dengan asupan makanan kita dengan yang mengandung vitamin A seperti brokoli, pada wortel atau kacang panjang. Lutein pada brokoli juga mampu menjaga kerusakan mata akibat paparan sinar matahari atau penuaan.

  3. Sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan
    Kandungan sulforaphane mampu menekan resiko pada gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung. Sulforaphane mampu mempengaruhi peningkatan produksi enzim pada hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen penyebab gejala kanker dan mengeluarkannya dari sel. Dalam dunia kedokteran, kuman adalah penyebab utama luka dan kanker lambung atau pun kanker usus besar.

  4. Sumber antioksidan
    Salah satu kandungan paling tinggi dalam brokoli adalah vitamin C-nya, vitamin ini sangat penting dan berperan sebagai antioksidan yang akan membantu tubuh memerangi radikal bebas.

  5. Meningkatkan Sistem Imun
    Masih terkait dengan vitamin C, brokoli juga sangat ampuh untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh agar tidak mudah terserang penyakit berbahaya.

  6. Efektif Mencegah Kanker
    Brokoli memiliki kandungan indole dan isothiocyanate serta fitokimia yang dalam beberapa studi telah mengungkapkan bahwa zat ini sangat efektif dalam mencegah kanker tertentu, terutama kanker prostat dan payudara.

  7. Kandungan potasium yang terdapat dalam brokoli sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh, ia juga baik untuk anda yang mengalami tekanan darah tinggi.

  8. Menjaga kesehatan jantung
    Institute for Food Research di Norwich, Inggris melalui para penelitinya telah mengembangkan dua jenis brokoli untuk mengembangkan brokoli jenis ungulan yang mengandung glucoraphanin 2-3 kali lebih banyak dari jenis normal. Kandungan zat ini sangat baik untuk mencegah penyakit dan kesehatan jantung.

Brokoli merupakan makanan super yang sangat baik, selain manfaat di atas, ia juga merupakan sumber serat sayuran hijau yang sangat tinggi. Namun tentu anda harus memasaknya dengan cara yang baik dan benar. Untuk memperoleh khasiat maksimal dalam brokoli sebaiknya anda mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan manfaat maksimalnya :
  • Jangan digoreng dengan minyak
  • Jangan dimasak terlalu lama
  • Usahakan langsung di masak, jangan di simpan di kulkas dalam jangka waktu yang lama.
Brokoli juga bermanfaat untuk anak-anak, jadi berikanlah makanan penuh sehat ini untuk perkembangan anak anda dalam mencapai kebutuhan hariannya.

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, berbagilah informasi ini dengan teman dan saudara Anda melalui Share Link Media Sosial di bawah ini.

About Blog SEHAT

Blog SEHAT

Blog SEHAT merupakan blog yang menyajikan Informasi seputar kesehatan. Kami mengumpulkan informasi tersebut dari berbagai sumber yang terpercaya dan kredibel, untuk kemudian dikemas menjadi informasi yang lebih lengkap dan terperinci.

Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment