latest Post

Tubuh Terdiri dari Apa yang Dimakan

Setiap jaringan tubuh terdiri dari apa yang dimakan. “We are what we eat” adalah ucapan para ahli gizi. Kalau kita makan makanan bergizi, kita akan memperoleh tubuh yang sehat, tetapi kalau kita makan makanan yang mineral organisnya sudah tiada, unsur-unsur zat hidupnya sudah rusak, maka dengan sendirinya kesehatan tubuh kitapun akan terganggu. Itulah sebabnya kita perlu makan-makanan pilihan, yang bergizi, dan dibutuhkan oleh tubuh.

Sebagaimana makanan Adam dan Hawa, yang terdiri dari buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, dan makanan orang-orang Hunza, yang terdiri dari makanan-makanan segar, itulah jenis makanan terbaik untuk manusia. Jenis makanan ini terdapat melimpah-ruah di bumi Indonesia, yang dapat melengkapi kebutuhan lemak, protein, vitamin dan karbohidrat di dalam tubuh.

Fungsi makanan bukan saja sebagai sumber tenaga, untuk menghangatkan dan menguatkan tubuh, tetapi juga mengganti bagian-bagian sel tubuh yang sudah aus. Setiap hari sebagian dari anggota tubuh itu menua, aus, dan perlu dibangun kembali.

Sudah tentu ausnya bagian-bagian tubuh ini terjadi berangsur-angsur walaupun sebagian dari rambut dan gigi rontok sekaligus.Ausnya sel-sel tubuh, serta rontoknya rambut kepala bukanlah merupakan masalah besar jika dibanding dengan ausnya alat-alat jantung atau kelenjar-kelenjar penting lainnya. Jikalau jantung sampai tidak berfungsi dengan sempurna, karena ausnya jaringan-jaringan dan otot-ototnya, maka terancamlah hidup si penderita. Di sinilah fungsi makanan sangat berperan. Makanan bergizi di samping melengkapi kebutuhan energi bagi otak dan otot-otot, akan dapat juga membangun dan mengganti jaringan-jaringan yang sudah aus dari setiap bagian tubuh, termasuk jaringan-jaringan jantung.

About Blog SEHAT

Blog SEHAT

Blog SEHAT merupakan blog yang menyajikan Informasi seputar kesehatan. Kami mengumpulkan informasi tersebut dari berbagai sumber yang terpercaya dan kredibel, untuk kemudian dikemas menjadi informasi yang lebih lengkap dan terperinci.

Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment