latest Post

Tofu Kaya Fitoestrogen

Sampai saat ini, terapi sulih hormon masih merupakan terapi terbaik dalam mengatasi gejala menopause. Namun, untuk wanita Indonesia sering kali terkendala biaya obat hormon yang masih mahal. Sebagai alternatif pengganti adalah fitoestrogen, yakni suatu senyawa mirip estradiol yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sehingga mampu meningkatkan estrogen. Fitoestrogen sendiri mengandung isoflavon, lignan, dan caumestan.

Saat ini senyawa fitoestrogen telah tersedia dalam bentuk suplemen. Namun, kandungan fitoestrogen yang tinggi secara alami bisa ditemukan dalam kacang kedelai, kulit bengkuang yang warnanya kecokelatan, red clover, kemangi (green clover), dan black cohos.

Pilihan bahan kaya fitoestrogen lainnya adalah susu kedelai dan tahu sutra (tofu). Susu kedelai saat ini dengan mudah bisa didapat, baik dalam bentuk segar maupun dijual dalam kotak kemasan di supermarket. Konsumsi lima gelas susu kedelai per hari konon hampir setara dengan satu tablet suplemen fitoestrogen.

Sementara itu, tofu yang merupakan sejenis tahu lembut yang berbahan dasar susu kedelai segar. Tofu yang juga populer dengan sebutan tahu jepang atau keju kedelai (soy cheese) ini mengandung protein tinggi dan merupakan sumber kalsium, besi, dan fitoestrogen yang bagus.

Protein dalam tofu dilengkapi dengan semua komponen asam amino sehingga bisa disandingkan dengan protein yang berasal dari hewan. Lemak dalam tofu juga termasuk kategori lemak yang tidak tersaturasi, yaitu polyunsaturated fat sebanyak 54 persen dari total lemak dan monounsaturated fat sebesar 23 persen. Kelebihan lainnya adalah kandungan lemak omega-3 serta bebas kolesterol dan laktosa.

Dari kandungan nutrisi yang sangat kaya tersebut, bisa disebutkan beberapa manfaat tofu. Antara lain mengurangi gejala menopause seperti hot flushes, membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, membantu mengurangi risiko osteoporosis. Bahkan, membantu tubuh dalam melawan serangan kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker kulit.

Sumber: Okezone

About Blog SEHAT

Blog SEHAT

Blog SEHAT merupakan blog yang menyajikan Informasi seputar kesehatan. Kami mengumpulkan informasi tersebut dari berbagai sumber yang terpercaya dan kredibel, untuk kemudian dikemas menjadi informasi yang lebih lengkap dan terperinci.

Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment